Skype For Business Office365 Tutorial


Skype For Business Office365 Tutorial

 

Mengakses Skype for Business

  1. Buka start menu – Microsoft Office 2013 – Skype for Business
  2. Masukkan Email dan Password user

  3. Lalu klik tombol Sign in

 

Skype for Business Basics

Ketika Skype for Business di buka, berikut ini adalah tampilan awal Skype for Business

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contacts

Saat menggunakan Skype for Business maka kita tidak akan lepas dari contacts dari rekan kerja. Maka disini akan di jelaskan bagaimana berkomunikasi dengan mudah dengan Skype for Business.

Membuat Group

  1. Pada tampilan Skype for Business, klik icon Add a Contact
  2. Lalu pilih Create a New Group
  3. Maka akan muncul pop up New Group.

    Rename grup sesuai keinginan, misalnya Grup J5

  4. Setelah group sudah jadi, tinggal memasukkan contact kedalam group tersebut

 

Mencari dan Menambahkan Contact

  1. Pada tampilan Skype for Business, ketik nama pada kolom search box

  2. Maka akan muncul nama yang sesuai
  3. Klik kanan untuk menambahkan contact ke grup atau klik 2x untuk mulai chat

     

Melakukan Chatting dengan User lain

Untuk melakukan chat dengan user bisa dengan beberapa cara, bisa chat biasa, dengan call via Skype for Business, ataupun Video Call

  1. Arahkan mouse pada foto profil user yang ingin di chat untuk beberapa opsi

  2. Atau bisa juga dengan double klik pada User tersebut untuk chat biasa

  3. Atau bisa juga dengan klik kanan pada User untuk melihat opsi lain

Chatting Skype for Business

  1. Pilih User yag ingin di chat
  2. Gambar di atas menjelaskan bagian chat Skype for Business
  3. Ketikkan chat anda di New Message area, lalu klik enter untuk mengirim
  4. Untuk mengirim attachment dokumen ataupun gambar atau emoticon bisa menggunakan Notification Tools
  5. Untuk menginvite user lain ke dalam obrolan klik Invite More People
  6. Pesan user akan tampil pada Conversation Area dan semua chat akan tersimpan di Conversation History di Outlook 2013

 

Membalas Chatting

Saat user lain memulai chat dengan user, maka akan muncul sebuah popup pada layar computer user.

  • Untuk melihat chat klik dimana saja pada area photo user
  • Maka akan muncul display chat user tersebut.
  • Untuk reject chat, klik Ignore. Dan pesan akan langsung masuk ke Inbox Outlook.
  • Jika user tidak ingin menerima pemberitahuan maka user bisa menggunakan status Do Not Disturb pada bagian status di Skype for Business

Melakukan Audio dan Video call

Jika user menggunakan headset atau headphone dan computer user telah tersedia webcam, maka user bisa melakukan panggilan audio dan video call dengan skype for business.

Skype secara otomatis mendeteksi system audio dan video sebelum melakukan panggilan.

Cara melakukan panggilan

  1. Arahkan mouse kea rah user yang ingin di hubungi
  2. Pilih audio atau video call.

 

 

User yang mempunyai status video capable berarti bisa untuk melakukan video call dengan user lain. Dan saat melakukan video call user bisa mematikan panggilan dengan end call, menghilangkan suara dengan tombol mute, dan menghentikan video dengan tombol video off.

 

Saat user lain menghubungi user, maka akan muncul popup seperti popup chat yang tadi di jelaskan.

 

Skype for Business Meetings

Fitur meeting memberikan kapasitas user melakukan presentasi, sharing desktop, program, files dan juga whiteboard antara sesama partisipan user

Scheduling meeting

Jika user menggunakan outlook 2013, user bisa melakukan schedule meeting menggunakan skype for business. Untuk melakukan nya bisa menggunakan cara di bawah ini.

  1. Buka outlook, lalu pilih tab calendar
  2. Klik New Skype Meeting pada bagian Home
  3. Lalu pilih tanggal dan waktu, dan juga pilih user mana saja yang akan mengikuti meeting. Lalu klik send

  4. Maka nanti akan ter link dan otomatis terkirim ke user yang akan berpartisipasi pada meeting tersebut.

 

Unscheduled meeting

Untuk melakukan meeting tanpa schedule bisa menggunakan fitur Meet Now.

  1. Klik logo setting pada Skype for Business

  2. Lalu klik Meet Now, maka akan muncul pop up untuk meeting setup, setting sesuai keinginan user, setelah itu klik OK

  3. Maka akan muncul windows skype for business meeting. Kemudian user bisa menambahkan user lain untuk join meeting.

     

Sharing Desktop dan Presentasi

User bisa sharing konten dengan user lain melalui fitur sharing desktop atau presentasi, user yang sedang presentasi bisa sharing berupa desktop, power point slide ataupun program lain. User juga bisa sharing virtual whiteboard dan polling.

CATATAN:

Ketika user sharing desktop dan presentasi, semua user yang sedang terlibat disana akan bisa melihat desktop & computer user tersebut, maka bila ada hal hal yang bersifat privacy, maka user bisa menyiapkan dulu presentasinya sebelum melakukan sharing desktop..

 

 

Start Sharing Desktop

  1. Untuk memuulai sharing desktop, pertama kali buka dulu orang yang mau kita sharing.
  2. Untuk sharing kita klik logo presence dan pilih presence yang kita inginkan.

     

Melakukan User Allowing Control Content

Pada bagian atas pada sharing desktop, di toolbar atas akan ada bagian Give Control. Untuk mengetahuinya bisa melakukan cara ini:

  • klik Give Control untuk memberikan akses kepada user lain untuk menggunakan koputer anda.
  • Untuk mencabut hak akses user lain, klik Take Back Control atau bisa juga dengan menekan Ctrl + Alt + Space
  • Klik Stop Presenting bila sudah selesai melakukan sharing desktop.

Exit Skype for Business

  1. Klik Tombol pengaturan – file – Exit

  2. Maka akan otomatis ter sign out dan Skype for business akan keluar
  3. Bila kita klik tombol Close di bagian atas, maka skype hanya akan minimize dan tetap berjalan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s