Office 365 – Word Online Tutorial


Office 365 – Word Online Tutorial

 

Disini akan di jelaskan cara mengkases Microsoft Word Online pada Office 365.

  1. Login Screen

Login ke portal.office.com

Lalu login dengan email dan password yang anda miliki.

  1. Menu Utama

Setelah berhasil login, klik logo menu di kanan atas lalu pilih Word untuk melanjutkan ke Microsoft Word Online Office 365.

 

 

  1. Microsoft Word Online Office 365

Microsoft Word Online ini memiliki fitur yang hampir sama dengan Microsoft Office 2013, kelebihannya kita bisa sync dengan dokumen kita yang ada di cloud Office 365.

 

  1. Membuat Dokumen

Lalu kita klik New Blank Document

Untuk merubah file name nya cukup klik judul dokumen (warna hitam di atas) lalu ganti dengan nama file yang di inginkan.

 

 

Pada bagian ini akan di jelaskan cara:

 

  1. Membuat File Baru

    Untuk membuat file baru pada Word Office 365 sama dengan Microsoft office versi 2013 akan tetapi tampilan dan beberapa fitur yang berbeda. Berikut cara membuat file baru pada Word Office 365

    1. Klik Menu File

    2. Setelah itu akan tampil tampilan seperti berikut

    3. Klik menu NEW untuk membuat file baru lalu kemudian pilih template yang disediakan atau bisa juga pilih blank dokumen untuk membuat dokumen kosong

    4. Jika sudah memilih template maka akan masuk ke halaman kerja.
  2. MEMBUKA FILE
    1. Klik FILE lalu kemudian pilih menu Open

    2. Maka dokumen yang terakhir di edit akan muncul di Recent Dokumen
    3. Bila dokumen yang anda ingin edit tidak ada, maka “More on OneDrive for Bussiness” untuk membuka dokumen yang ada di OneDrive for Bussiness

    4. Dengan catatan, dokumen yang ingin di edit harus sudah ada di OneDrive.

       

  3. PENGATURAN SIZE DAN MARGIN / PAGE SETUP
    1. Klik menu PAGE LAYOUT

       

    2. Pilih menu Size

      Maka akan tampil menu seperti dibawah ini.

    3. Pilih ukuran yang sesuai. Jika ingin membuat ukuran sendiri maka klik ” Custom Page Size” untuk menentukan size paper.

       

 

  1. Pengaturan Jenis Huruf Dan Ukuran Huruf, Line Spacing And Paragraph
    1. Pengaturan Jenis Huruf Dan Ukuran Huruf
      1. Klik menu HOME

      2. Pilih font yang diinginkan dan ukuran font yang diinginkan

        Jenis Font

        Ukuran Font

    2. Line Spacing And Paragraph
      1. Klik menu PAGE LAYOUT


      2. Atur spasi dan paragraph pada sub menu paragraph, Atau jika ingin pengaturan lebih lanjut klik tanda panah kebawah pada menu


      3. Akan menjadi seperti ini


  2. BULLETS AND NUMBERING

    Bullets and numbering yaitu pemberian angka atau symbol pada awal kata. Hal ini biasanya digunakan pada penomoran huruf atau sub menu pada suatu artikel. Bullets adalah penanda yang berhubungan dengan symbol sedangkan numbering adalah penanda yang berhubungan dengan angka.

     

Contoh bullets

Contoh numbering

  • Salak
  • Manga
  • Jambu
  1. Salak
  2. Manga
  3. Jambu

 

Cara membuatnya yaitu klik menu HOME pilih submenu Paraghraph

  1. Buatlah sebuah list yang akan di bullets atau numbering

  2. Lalu klik tanda merah ini untuk numbering

  3. Dan tanda biru ini untuk bullet

 

  1. Insert Table
    1. Klik menu INSERT lalu klik tool add a table

    2. Jika di klik maka akan muncul seperti ini

      Buat table sesuai dengan banyak kolom dan baris dengan cara digambar satu persatu.

       

 

  1. Save Dokumen
    1. Untuk melakukan save dokumen, klik FILE – SAVE AS COPY.

    1. Pada Microsoft Office 2013 offline ada fitur save as, yaitu untuk merubah anam file dan bisa juga memindahkan file ke flder atau drive lain.

     

     

  2. Sharing Dokumen

Fitur yang lain adalah Share, yaitu kita bisa membagi dokumen kita kepada orang yang di kehendaki dan menjadi dokumen bersama orang tersebut.

Pada pilihan share kita bisa memilih, orang yang kita share dokumen apakah hanya boleh melihat saja atau bisa melakukan edit bersama.

Orang yang kita share akan menerima email berupa link yang menuju dokumen yang kita share. Ada juga fitur Get Link. Fitur ini berfungsi memberikan link akses ke dokumen kita, dan orang lain hanya bisa view dokumen tersebut. Dan fitur Shared With adalah sudah dengan siapa saja dokumen ini di share.

 

  1. Cara menambahkan header, footer dan page number

Menambahkan page number

Untuk menambahkan Page Number (nomor halaman), klik menu Insert > Page Number, lalu pilih letak Page Number atas (Top of Page) atau bawah (Bottom of Page), dengan beberapa pilihan gaya yang disediakan.

 

Menambahkan Header & Footer

Untuk menambahkan Header pada halaman kerja Anda, klik menu Insert>Header, lalu pilih salah satu gaya yang disediakan yaitu 3 kolom baik di atas maupun di bawah.


 

Setelah user membuat header dan footer, ada beberapa 4 options yang bisa di gunakan yaitu:

  1. Same across entire document = semua header dan footer sama pada seluruh dokumen
  2. Different first page = untuk membedakan header dan footer pada halaman pertama saja
  3. Different even & odd pages = untuk membedakan header dan footer pada halaman genap dan ganjil
  4. Different first, even & odd pages = membedakan header dan footer pada halaman pertama, genap dan ganjil

Dan juga ada pilihan untuk mendelete page numbers dan header dan footer bila user tidak menginginkan menggunakannya.

 

  1. Penggunaan simbol

Dalam penulisan dokumen user bisa menambahkan simbol pada dokumen, dengan cara:

Buka tab insert > klik tombol symbol, maka akan muncul simbol simbol yang bisa digunakan, untuk melihat banyak simbol bisa meng klik More Symbols…

 

  1. Fitur Track Changes dan showing comment

Fitur Track changes adalah ketika Anda merevisi sebuah dokumen, Anda pasti ingin menampilkan detil Track Changes untuk melihat semua perubahan yang ada pada dokumen dan untuk memutuskan mana yang akan dipertahankan atau tidak.

Cara menampilkan dan menyembunyikan perubahan yang ada pada dokumen (Track Changes):

Pada tab Review, pada bagian atas grup Tracking, klik daftar drop-down dan pilih All Markup (jika belum dipilih) untuk menampilkan semua perubahan yang telah dibuat di dalam dokumen.

Pada bagian atas grup Tracking, klik daftar drop-down dan pilih Simple Markup untuk menyembunyikan semua perubahan yang telah dibuat di dalam dokumen. Klik pada bar perubahan yang ada pada Margin untuk kembali ke view All Markup.

Namun fitur ini tidak ada di office365 word online, fitur ini hanya ada di Microsoft Office 2013 Proffesional yang ada di laptop user masing masing.

  1. Fitur Comment

Jika Anda mengirimkan dokumen untuk di review, User atau pengguna Word lainnya bisa memasukkan komentar yang tidak akan menjadi bagian dari teks dokumen. Di Word 2013, Anda juga bisa membalas komentar seperti halnya ketika Anda melakukan percakapan melalui email. Ketika Anda sudah menyelesaikan masalah yang Anda dapatkan dari komentar, Anda bisa menghapus komentar atau menandai komentar sebagai yang sudah selesai (Mark Comment Done). Komentar yang telah ditandai dan balasannya akan tetap berada di dalam dokumen sebagai catatan dari perbaikan dokumen.

Cara memberikan komentar:

  1. Pada tab Review, di grup Comments, klik New Comment.
  2. Ketikkan komentar dibawah nama Anda pada Comment Balloon.

 

Cara membalas komentar:

  1. Klik icon reply yang ada pada sisi kanan dari Comment Balloon.
  2. Ketikkan balasan pada Comment Balloon dibawah nama Anda.

  1. Untuk menandai komentar sebagai yang sudah selesai, klik-kanan pada Comment Ballon, lalu klik Mark Comment Done.

Kelebihan menggunakan Microsoft Word Online 365 adalah kita bisa menggunakan Microsoft dimana saja dan kapan saja. Tinggal login dan bisa langsung akses.

 

Demikian Tutorial kali ini. Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s