Phonegap & Android & Sebuah Pembelajaran


phonegap

Phonegap ya, udah lama banget gak pegang ginian semenjak lulus kuliah (2012) gak kerasa dia terus bergerak maju. dan proses instalasinya juga udah beda. hayuklah kita belajar lagišŸ™‚

kita bahas proses instalasinya dulu ya, untuk gimana aplikasi nya nanti kita bahas di post selanjutnya (kalo ada waktu senggangnya lagi heu)

Proses Instalasi

prerequisite:

  1. siapin koneksi yang stabil
  2. pikiran yang tenang dan rileks
  3. kopi hangat
  4. rokok (optional)

go!

1. Install Phonegap Desktop

nomor 1

phonegap desktop ini lebih simple daripada kita install di nodejs, karena emang gak perlu install nodejs lagi, tinggal download phonegap desktop disini. install kaya biasa, next next aja sampe finish. nanti kalo udah selesai akan muncul tampilan kaya di atas. note: di atas udah gue install apps, kalo baru install sih harusnya kosong.

2. Ā Install Phonegap Apps

Screenshot_2016-03-24-16-41-43_com.adobe.phonegap.app

karena disini gua bahas android, maka lu sekarang buka playstore, install aplikasi Phonegap Developer.Ā kalo udah kita siap siap ke step selanjutnya buat bikin aplikasi. joss

3. Create you Apps, dude

nomor3

  1. create new project kaya gambar di atas
  2. pilih patch lokasi simpen aplikasinya
  3. nama aplikasinya
  4. sama ID aplikasinya

kalo udah selesai nanti muncul kaya gini:

nomor 4

klik tombol ijo buat start server phonegapnya. masuk ke aplikasi phonegap developer di hh loe, masukin ip yang ada di phonegap pc terus klik connect

4. Wait and see

tunggu sampe selesai, dan taraaa aplikasi phonegap udah ada di hp loe. mantap. tinggal lu masik folder www di path tempat lu save aplikasi terus explorasi. bisa juga lu delete semua file di www ganti pake demo punya gue download disiniĀ https://goo.gl/EHKZMH

 

have a nice day

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s