Tutorial Install CWM Recovery untuk Samsung Galaxy Mega 6.3 GT9200


https://i0.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/16/5316040_20130916103226.png

 

Mengingat belum adanya cara pasang Custom Recovery yang sangat berguna itu, ane mau coba bantu kasih tutor install CWM Recovery. Bagi yang belum tau apa itu CWM Recovery, TS kita udah sangat baik hati kasih penjelasannya di page one. Jadi monggo dibaca sendiri ya.

Alat-alat yang diperlukan:
1. Odin (ane pake versi v3.04)
2. Image CWM Recovery nya. Bisa diunduh disini
3. Khusus bagi yang HP 6.3 nya belum terdeteksi, Samsung USB Driver

Langkah-langkah:
1. Pastikan USB debugging GalMeg 6.3 agan SUDAH aktif. (Cara mengaktifkan USB Debugging ada di page one)

2. Masuk ke Download Mode (Tahan volume bawah + home + power.
Biar gampang ingetnya, bawah = down = download ).
Setelah keluar warning, tekan volume atas untuk continue ke download mode.

https://i0.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/04/921549_20130904104537.jpg

3. Hubungkan GalMeg 6.3 dengan PC agan.

4. Jalankan Odin (Run as Administrator). Pastikan GalMeg agan telah terdeteksi oleh Odin. Ditandai dengan adanya angka pada ID:COM (kalo ane COM6) dan Message “<ID:0/nomor_com> Added!!”

https://i2.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/04/921549_20130904103828.JPG

5. Klik pada tombol bertuliskan PDA dan cari image yang telah diunduh tadi. Masukkan file tersebut sehingga menjadi seperti ini.

https://i2.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/04/921549_20130904104013.JPG

6. Pastikan Auto Reboot dan F.Reset Time telah tercentang. Kalau sudah, silakan klik START

7. Selama proses berjalan, kotak di Odin akan bertuliskan RECOVERY dan setelah selesai akan tampil tulisan PASS dengan background hijau seperti ini:

https://i2.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/04/921549_20130904104135.JPG

Apabila semuanya berjalan sesuai harapan, GalMeg agan akan reboot secara otomatis. Selamat, agan telah sukses menginstall CWM Custom Recovery!!

Untuk masuk ke menu CWM Recovery, silakan tekan dan tahan kombinasi tombol volume atas + home + power sampai ada tulisan Recovery Booting, lalu lepas (kalo gak dilepas2, nanti ngulang2 mulu ato malah booting normal ). Tampilan CWM Recovery nya sebagai berikut:

https://i2.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/04/921549_20130904104434.jpg

Ane akan coba jelasin sedikit tentang menu-menunya yang menurut ane penting:

Reboot system now = Restart handset agan
Install zip update package = sering digunakan untuk menginstall custom ROM atau custom Kernel (dalam esktensi *.zip). Jadi file *.tar atau *.md5 gak bisa diinstal lewat sini meskipun agan ngezip file tersebut pake winzip/winrar/7zip/dll
wipe data/factory reset = menghapus seluruh data di dalam handset agan. Semacam format ulang handset agan. Dengan agan melakukan wipe data, ROM agan akan bersih seluruhnya sampe agan gak bisa booting lagi Selalu dilakukan setipa menginstall ROM baru ya biar gak ada error
wipe cache partition = menghapus cache partisi. Selalu dilakukan setiap agan menginstall ROM baru, gunanya untuk membersihkan cache partisi agar tidak terjadi tumpang tindih.
Backup and restore = opsi yang PALING BERGUNA menurut ane. Dengan opsi ini agan dapat melakukan NANDroid Backup, yakni melakukan backup terhadap seluruh isi handset agan supaya kalau ada apa-apa, agan bisa kembali ke posisi persis saat backup dibuat. Kayak sistem restore nya windows lah.
Mounts and storage = ane pakai opsi ini untuk menghubungkan Handset ane ke PC. Yang terhubung nantinya adalah external SD Card nya. Caranya, navigasi ke opsi ini (pakai tombol volume), pilih/select (pakai tombol power), lalu navigasi ke mount USB storage
Advanced = untuk Advanced, terdiri dari reboot recovery, wipe dalvik cache, report error, key test, show log, dan fix permissions
Reboot Recovery = melakukan reboot handset dan langsung masuk ke Custom Recovery
Wipe dalvik cache = ane kurang ngerti ini apa, tapi kalau dalam pengertian ane sih ini untuk membersihkan cache memory aplikasi. Selalu dilakukan juga setiap menginstall ROM baru / kernel baru.

Demikian tutor install CWM Custom Recovery. Kalau ada masukan atau tambahan monggo dipersilakan.

One thought on “Tutorial Install CWM Recovery untuk Samsung Galaxy Mega 6.3 GT9200

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s