Cara Root dan Unroot Samsung Galaxy Mega 5.8 dan 6.3


https://i0.wp.com/images.fonearena.com/blog/wp-content/uploads/2013/05/samsung-galaxy-mega-6-3-20-1024x682.jpg

Ini langkah yang ane pake pas nge-root Galaxy Mega 6.3

Tools yang harus dipersiapkan:
1. Odin v3.07. Bisa diunduh di sini . Setelah diunduh, di instal ya.
2. Tar untuk image rootingnya. Bisa diunduh disini.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Masuk ke download mode. Caranya, dari keadaan mati tekan volume bawah + home + power bersamaan. Lalu pilih continue.

2. Hubungkan HP ke PC agan. Pastikan driver samsung buat PC agan telah terinstall (tujuannya tentu saja biar HP nya dikenali).

3. Jalankan Odinnya. Pastikan HP agan terdeteksi oleh si Odin. Ditandai dengan ada tulisan COMXX (XX bisa angka berapa aja) di kotak ID:COM. Contoh punya ane COM3 (see the pic).

https://i0.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/01/921549_20130901074218.jpg

4. Load root image yang sudah diunduh ke bagian PDA. Caranya, klik kotak PDA dan browse file .tar yang tadi sudah diunduh.

5. Sebelum klik Start, pastikan Auto Reboot dan F. Reset Time telah tercentang.

6. Panjatkan doa sesuai agama masing-masing, lalu klik Start. Proses upload image akan berjalan dan HP agan akan restart dengan sendirinya.

https://i0.wp.com/cdn.kaskus.com/images/2013/09/01/921549_20130901074259.jpg

7. Selamat, Galaxy Mega kesayangan agan sudah ter-root!!

n.b. (nambah baris)
Ane udah coba dan ane sukses nge-root, cuma seadainya agan apes dan HP nya terjadi bricked, agan bisa bawa ke Samsung center terdekat.

Pada saat booting akan ada 2 baris tulisan merah saat tampilan Samsung Galaxy Mega, itu hal normal. Kalau agan merasa terganggu akan bisa hilangkan dengan un-root. Cara un-root yang ane tau ya dengan install ulang Stock ROM agan sekalian atau dengan SuperSU yang terinstall saat nge-root. Cuma gak masalah kok, ane udah rooting dan sejauh ini lancar jaya.

Kalau ada tambahan silakan ya gan. Sama-sama belajar kita.

🙂

Image representing Samsung Electronics as depi...

Image via CrunchBase

32 thoughts on “Cara Root dan Unroot Samsung Galaxy Mega 5.8 dan 6.3

  1. Gan.. ane udah coba root tp koq jadi masalah ya. galerinya gak bisa dibuka. trus pas ane mau unroot gak bisa setelah direstart masih dalam keadaan root.. gimana ya gan solusinya??

    Like

      • ia gan ane mau tanya, setelah di root mega ane gak bisa buka galeri, playstore, klau mau dibuka ndlama kemudian terhenti. trus memori internal nya jadi kosong, dan gak bisa ngebuat satu folder pun di memori internal padahal kosong. ane mau taruh data game jadi gak bisa karena internalnya gak bisa terbuka. klau ane unroot dari bkalan muncul lagi super usernya setelah di restart. ane sudah reset factory tetap aja begitu. tolong sarannya ???

        Like

  2. ia gan ane mau tanya, setelah di root mega ane gak bisa buka galeri, playstore, klau mau dibuka ndlama kemudian terhenti. trus memori internal nya jadi kosong, dan gak bisa ngebuat satu folder pun di memori internal padahal kosong. ane mau taruh data game jadi gak bisa karena internalnya gak bisa terbuka. klau ane unroot dari su nya bkalan muncul lagi super usernya setelah di restart. ane sudah reset factory tetap aja begitu. tolong sarannya ???

    Like

  3. Gan, Galaxy Mega 5.8 saya root, setelah selesai gak booting otomatis dan berhenti di tampilan awal :Samsung Galaxy Mega 5.8, tidak bisa diapa-apain. Alias macet total. Gimana ya Gan jalan keluarnya.? Tks.

    Like

  4. Gan SGM 5.8 sudah saya root, belakangan muncul masalah tidak bisa install aplikasi baru dan update aplikasi, komentarnya memori internal penuh. Sudah saya hapus aplikasi tetep saja dibilang memori penuh, padahal sudah kosong sampai 50%. Ada solusinya..?

    Like

  5. Samsung Galaxy Mega 2 memang tidak bisa diRoot.
    percuma kalian coba terus. malah bikin handphone kalian rusak. aku juga coba berkali kali tpi gagal.
    banyak merk handphone udah aku root n semua berhasil. tpi galaxy mega gagal terus.
    saran saya buat root handphone lain.. root saja dengan geniusroot lebih aman dan mudah.

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.